#UPERP11UTS02 - Bisnis Proses Modul Purchasing

#UPERP11UTS02 - Bisnis Proses Modul Purchasing PT Flamingo



Definisi Purchasing

Purchasing bisa dilihat dari berbagai sisi atau perspektif.
– Sebagai salah satu fungsi di organisasi, purchasing  adalah kegiatan akuisisi input untuk aktifitas sebuah organisasi. Input ini bisa disebut supply dengan contoh bahan baku, komponen produk, barang, ataupun jasa dimana aktifitas dari sebuah organisasi mencakup mengolah, mengkonsumsi ataupun menjual kembali.
– Sebagai salah satu departemen atau unit di sebuah organisasi, purchasing mempunyai tanggung jawab untuk melakukan fungsi seperti yang dijelaskan diatas. Adapun kemungkinan dimana sebuah organisasi, dimana fungsi tersebut dilakukan oleh staf atau tim dari departemen lain (misalnya finance atau produksi).
-Tujuan dasar adanya fungsi purchasing adalah ‘membeli material dengan kualitas yang tepat (right quality), jumlah yang tepat (right quantity), dikirim ke tempat yang tepat (right place) pada waktu yang tepat (right time) dengan harga yang tepat (right price). 5 tujuan ini biasa disebut dengan 5 Tepat dari purchasing atau ‘five rights of purchasing (5R).
– Sebagai sebuah proses, purchasing adalah pengelompokan tahapan – tahapan, atau rantai kejadian, yang diperlukan untuk membuat pembelian atau akuisisi atas nama organisasi. Tipikal proses pembelian ini biasa disebut dengan siklus purchasing atau ‘procurement cycle’ atau juga ‘procure2pay’, mencakup proses menerima permintaan pembelian (purchase requisition) sampai melakukan pembayaran.

Bagan induk berkaitan dengan pencarian sumber :
  •  Mencari pemasok atau supplier 
  •  mendapakan quotation (surat penawaran harga) atau purchasing membuat surat permintaan penawaran harga 
  • mendapatkan call sheet (daftar rekananan).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#UPERPUAS05 Instalasi DbVisualizer

#UPERP11 Membuat Akun Database

#UPERP11 Membuat akun Slack